RSS

Friday, July 12, 2013

Cara Kerja Bulldozer Yang Salah

Salah satu cara kerja yang salah pada bulldozer adalah bekerja dalam keadaan miring kesamping secara terus menerus. Ke samping kiri atai ke samping kanan. Cara kerja seperti ini akan merusak roller, yaitu bantalan pelor yang menyangga frame sebelah kiri da kanan.

Jika bekerja miring ke kiri maka beban alat akan lari ke samping kiri semua sehingga deretan roller sebelah kiri akan rusak dan hancur. Jika miring ke kanan maka roller sebelah kanan yang akan rusak. Dan ini sudah pasti.

Saya pernah melihat sebuah bulldozer bekerja membuat saluran/parit di pinggir jalan dengan memiringkan blade/pisau ke kiri, lalu mendorong saluran dengan posisi miring secara terus menerus. Hasilnya? Besok paginya saya lihat semua roller sebelah kkiri hancur semua. Pekerjaan pembuatan parit sebaiknya dilakukan dengan menggunakan motor grader, bukan bulldozer. Karenanya hindarilah bulldozer mendorong tanah/batu dan sebagainya dalam keadaan miring ke samping.

Namun jika bulldozer bekerja dalam keadaan miring ke depan atau ke belakang tidak masalah. Misalnya mendorong tanah di medan yang menurun atau naik, seperti pekerjaan-pekerjaan di sekitar tebing dan pegunungan.
.

Catatan terkait yang perlu anda baca

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang menyertakan tautan di kalimat komentar akan terhapus secara otomatis.