RSS

Monday, July 1, 2013

Langkah Pertama Sebelum Mengoperasikan Alat Berat

Pada dasarnya semua jenis alat berat seperti excavator, bulldozer, wheel loader, motor grader, trackshovel, dan lain-lain memiliki kesamaan dalam hal daily maintenace atau pemeriksaan dan perawatan harian (P2H). jika anda seorang operator alat berat, langkah pertama yang wajib dilaksanakan sebelum anda mengoperasikan alat berat adalah sebagai berikut;

1. Pemeriksaan keliling
Kelilingi sekitar unit. pastikan kondisi unit dan alat kerja mulai bagian bawah hingga bagian atas dalam keadaan baik.

2. Pemeriksaan engine
Pastikan oli mesin, oli hidrolis, air radiator, instalasi kabel, ruangan mesin, air accu, dan lain-lain dalam keadaan baik.

3. Pelumasan alat gerak
Lakukan pelumasan secara menyeluruh terhadap sendi-sendi gerak pada alat kerja. Pastikan semua perangkat unit dalam keadaan terlumasi dengan grease.

4. Pemeriksaan ruangan kabin operator
Periksa kontrol panel dan pastikan tampilan di layar monitor dalam keadaan baik. bersihkan ruangan kabin, kaca, dan sebagainya. Setel tempat duduk, pasang sabuk pengaman dan pastikan anda bisa duduk dengan nyaman.

5. Pemanasan mesin
Hidupkan mesin. pastikan asap dan suara mesin dalam keadaan baik dan normal. jika temperatur mesin dan sirkulasi oli hidrolis sudah cukup, mulailah beroperasi. selamat bekerja dengan tetap mengutamakan keselamatan kerja.
.

Catatan terkait yang perlu anda baca

1 comment:

  1. mantab sharingnya gan.. saya juga punya blog untuk sharing tentang alat berat lagi bisa di sini

    terima kasih

    ReplyDelete

Komentar yang menyertakan tautan di kalimat komentar akan terhapus secara otomatis.