RSS

Tuesday, July 2, 2013

Menjebak Ayam Hutan Dapat Musang

Suatu ketika saya pernah berburu ayam hutan dengan memakai jebakan di sebuah hutan klampis yang biasanya sering digunakan ayam hutan tidur. setiap sore hari ada ratusan ayam hutan datang masuk kawasan hutan klampis tersebut untuk tidur. hutan klampis hanya berukuran tidak terlalu luas, namun berada ditengah-tengah areal perkebunan dan ladang sehingga menjadi tempat bersarang bagi hewan-hewan yang cari makan di areal ladang tersebut.

Pas pada sore hari saya berdua sama teman membawa peralatan jebakan berupa beberapa bilahan bambu yang di ikat dengan senar dan diberi makanan jagung. jika ada ayam hutan yang makan jagun tersebut maka dia akan terjerat lehernya dan tertangkap. lalu saya memasang 50 buah jebakan yang saya sebar di areal hutan kecil tersebut, kemudian saya tinggal pulang.

Besok paginya saya periksa semua jebakan saya, hasilnya tidak ada satupun ayam hutan yang makan jagung di jebakan. setelah saya periksa semuanya ternyata ada satu ekor musang yang terjerat lehernya, lalu saya tangkap. akhirnya sejak saat itu tidak pernah ada lagi ayam hutan yang berani tidur di hutan klampis karena mereka pernah melihat ada seekor musang tergantung di jebakan. karena ayam memang sangat takut sama musang.
.

Catatan terkait yang perlu anda baca

1 comment:

Komentar yang menyertakan tautan di kalimat komentar akan terhapus secara otomatis.